Soko Bisnis

Lewat LinkUMKM, BRI Bantu UMKM Naik Kelas! Jelita Sukses Kembangkan Serela Food hingga Go Digital

BRI dorong UMKM naik kelas lewat platform LinkUMKM. Serela Food sukses kembangkan bisnisnya dengan pelatihan digital, etalase produk, dan strategi branding.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
30 April 2025

Jelita Puspa Agustin, pelaku UMKM asal Kalideres, Jakarta Barat. (Dok.BRI)

SOKOGURU, JAKARTABRI terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), salah satunya lewat platform digital unggulan bernama LinkUMKM. 

Tak hanya memberikan akses pasar dan permodalan, LinkUMKM juga menjadi solusi cerdas untuk pelatihan bisnis dan pengembangan usaha secara menyeluruh.

Salah satu kisah sukses yang lahir dari LinkUMKM datang dari Jelita Puspa Agustin, pelaku UMKM asal Kalideres, Jakarta Barat. 

Baca juga: Serius Pangan Nusantara: UMKM Kopi Solo yang Menjadi Pemain Global Berkat BRI UMKM EXPO(RT) 2025!

Lewat brand Serela Food, Jelita kini sukses menjual aneka makanan sehat seperti crispy brownies, cereal bar, cookies, hingga dessert secara online lewat berbagai marketplace.

“Saya bergabung ke Rumah BUMN BRI sejak 2022, lalu diperkenalkan ke LinkUMKM. Dari situ saya belajar banyak tentang strategi branding, legalitas, kemasan, hingga pemasaran digital,” ujar Jelita dalam keterangan pers, Rabu, 30 April 2025.

Melalui fitur Smart UMKM di platform ini, Jelita bisa menganalisis posisi bisnisnya, mengikuti pelatihan, hingga memahami aspek penting dalam operasional dan keuangan. 

Baca juga: Minuman Herbal Asal Malang Ini Tembus Pasar Ekspor Berkat BRI UMKM EXPO 2025!

Fitur ini memberikan pelatihan yang komprehensif mulai dari kepemimpinan, inovasi, pemasaran, hingga simulasi kredit.

LinkUMKM Berdayakan UMKM yang Terintegrasi dan Mudah Diakses

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyebutkan bahwa LinkUMKM merupakan platform pemberdayaan UMKM yang terintegrasi dan mudah diakses. 

“Pelaku usaha bisa mendapatkan pembinaan, akses jaringan usaha, serta materi kewirausahaan baik online maupun offline,” tuturnya.

Baca juga: Dibantu KUR BRI, Waroeng Tani Tembus Omzet Setengah Miliar Rupiah Tiap Bulan!

Tak hanya Smart UMKM, LinkUMKM juga memiliki fitur-fitur pendukung lain seperti:

* Rumah BUMN: Lokasi pelatihan UMKM terdekat, produk unggulan, dan jadwal edukasi.

* Media: Konten edukatif, kisah sukses, dan informasi ekonomi terkini.

* Komunitas: Sarana diskusi dan kolaborasi antar pelaku usaha.

* Etalase Digital: Galeri online produk UMKM dari berbagai sektor seperti kuliner, fashion, kerajinan, dan lainnya.
Saat ini, lebih dari 11 juta pengguna telah memanfaatkan platform LinkUMKM melalui linkumkm.id maupun aplikasi di Play Store dan App Store.

Dengan semangat digitalisasi, BRI berhasil membawa ribuan pelaku usaha kecil menembus pasar lebih luas, naik kelas, dan bersaing di era digital. (*)